Kamis, 09 Oktober 2008

Massa BMB Diamankan Polres Selatan

12 Anggota BMB Diamankan Polres Jakarta Selatan

Jakarta - Belasan anggota organisasi massa (Ormas) Barisan Muda Betawi yang melakukan penyisiran di sekitar kawasan Pamulang diamankan petugas Polres Jakarta Selatan, Jumat (10/10) dini hari.
Sebelumnya, Kamis (09/10) malam, sekitar 200 anggota dan simpatisan BMB berkendara motor mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan di Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan, menuntut kepolisian mengusut dan menangkap pelaku penganiayaan beberapa waktu lalu yang menyebabkan enam anggota BMB akhirnya mengalami luka-luka.
Penganiaayaan itu sendiri diyakini pihak BMB dilakukan oleh warga Asrama Brimob, pasca tewasnya lima remaja setempat karena tenggelam di danau saat tyerjadi tawuran. Sekitar pukul 20.00 WIB, puluihan motor yang ditunggani massa BMB telah menutupi ruas Jalan Wijaya II dan membuat arus lalu lintas di lokasi tertutup. Polisi akhirnya menerima 3 orang perwakilan BMB untuk mengaspirasikan maksdu kedatangan mereka.
Usai menyerbu Polres Jakarta Selatan, massa BMB bergerak ke kawasan Pamulang dan melakukan sweeping di sekitar Asrama Brimob. Tindakan massa yang ditengarai dapat menimbulkan konflik lebih meluas ini akhirnya membuat petugas Polres Jakarta Selatan bereaksi. Dini hari, sebanyak 16 anggota BMB yang mayoritas remaja dan pemuda, diamankan petugas dan digelandang ke Polres Jakarta Selatan.
Pantauan SH, hingga pukul 03.00 WIB pemeriksaan terhadap belasan anggota Barisan Muda Betawi tersebut masih berlangsung. Sebagian besar keluarga dari mereka yang tertangkap juga tampak mendatangi Polres Jakarta Selatan. Ketua Umum Barisan Muda Betawi, Aay Samudra yang dihubungi SH melalui telepon genggamnya membenarkan penangkapan keenam belas anggotanya. “Usai mendatangi Polres Jakarta Selatan, massa berkonsentrasi di Pamulang. Benar ada anggota yang ditangkap. Kabag Ops Polres Jakarta Selatan menghubungi saya dan mengabarkan hal itu. Saya masih berkoordinasi dengan dewan penasihat untuk menyelesaikan masalah ini,” jelasnya singkat. (Bachtiar)

Tidak ada komentar: