Selasa, 14 Oktober 2008

Pipa Gas Meledak///

Pipa Gas di Toko Tiga Meledak

Jakarta - Sebuah pipa gas yang berlokasi di Jalan Toko Tiga Glodok, RT 08/02, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa (14/10), malam, mengalami kebocoran. Akibat peristiwa tersebut, terdengar beberapa kali ledakan kecil dan membuat kobaran api membumbung hingga menjebol aspal di atasnya.
Ono (41), warga Tambora, Jakarta Barat yang berdagang kopi di atas lokasi mengatakan, ledakan pertama terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. "Awalnya ada tiga kali ledakan kecil. Tiba-tiba ada asap keluar dari saluran dii bawah," ujar Ono. Ditambahkannya, seminggu sebelumnya, ledakan cukup keras juga beberapa kali terdengar di lokasi yang sama. "Pemilik toko dan orang-orang sini menyangka itu hanya kabel listrik yang terbakar. Tak ada perbaikan di dalam saluran itu. Saya dan warga hanya menutupi seadanya," tukasnya.
Keterangan Ono dibenarkan oleh ketua RW setempat, Ferry (57). "Memang benar seminggu sebelumnya telah terdengar ledakan, tapi pemilik rumah menyangka kerusakan kabel PLN. Soalnya di sini sering terjadi kerusakan kabel PLN," imbuhnya. "Warga sini juga kurang peduli sosialnya," lanjutnya.
Sebanyak 3 unit petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran yang datang ke lokasi awalnya sempat kesulitan untuk memadamkan kobaran api yang muncul dari dalam permukaan tanah tersebut. Untuk memastikan kobaran api berhasil dipadamkan, petugas bahkan menggunakan bahan kimia pyfol. Dalam tempo satu jam, api akhirnya berhasil dipadamkan. Rencananya, pagi ini petugas Perusahaan Negara Gas dan Bumi akan dipanggil untuk segera memperbaiki saluran gas yang rusak guna menghindari musibah lanjutan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, warga akhirnya membatas lokasi kejadian dengan seutas tali. (Bachtiar)

Tidak ada komentar: