Jumat, 12 September 2008

Bentrokan Manggarai

Pemuda Menteng Trenggulun dan Pasar Rumput Kembali Bentrok

Jakarta – Untuk kesekian kalinya, bentrokan massa yang melibutkan dua kelompok pemuda antar Kampung menteng Trenggulun dan Pasar Rumput kembali terjadi, Sabtu (13/08) dini hari di Jalan Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan. Meski tak menimbulkan korban jiwa, namun peristiwa ini tak urung membuat halte Busway yang berada di sekitar lokasi kembali mengalami kerusakan berupa pecah kaca.

Peristiwa berlangsung sekitar pukul 00.30 WIB. Selain bersenjatakan batu dan botol, warga juga mempersenjatai diri dengan bambu dan senjata tajam. Tawuran yang berlangsung sekitar setengah. Untuk membubarkan tawuran kampung ini, petugas Polres Jakarta Selatan datang ke lokasi bahkan terpaksa melepaskan beberapa kali tembakan peringatan ke udara. Selain menyebabkan kerusakan halte busway, tawuran ini mengakibatkan ruas Jaan Sultan Agung ditutup selama dua jam.

Bedasarkan data yang dihimpun SH, peristiwa tawuran ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Selama puasa, hampir setiap hari, situasi di lokasi terlihat mencekam karena terjadinya bentrokan antar kampung yang hanya dipisahkan oleh kali tersebut. Beberapa hari lalu, bentrokan antar pemuda Kampung Menteng Trenggulun Pasar Rumput diketahui mengakibatkan halte bus Trans Jakarta mengalami pecah kaca. Ratusan petugas Polres Jakarta Selatan juga tampak terus berjaga-jaga di sekitar lokasi setiap malamnya. Belum diketahui pasti penyebab ritual tawuran di dekat Markas Pom Jayakarta yang selalu terjadi setiap tahun pada bulan puasa ini. (Bachtiar)

Tidak ada komentar: