Selasa, 09 September 2008

Potensi Lantas PMJ

Dit Lantas PMJ Uji Potensi Anggotanya

Jakarta - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan perbaikan image petugas lalu lintas, Polda Metro Jaya bekerjasama dengan lembaga managemen UI melakukan seleksi Uji Potensi Traffic Police Award (UPTPA).

UPTPA ini sendiri merupakan pertama kalinya dilakukan di Indonesia. Dipilihnya Polda Metro Jaya sebagai pilot project karena merupakan barometer kota lainnya. “Dari sekitar 500 kandidat yang mengikuti uji potensi telah tersaring menjadi 50 orang,” jelas Dr. Budi W. Soetjipto, Manager Director Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Selasa (09/09) pagi.

Kelima puluh orang yang berhasil lolos seleksi, hari ini akan kembali disaring menjadi 20 orang hingga akhirnya terpilih 10 orang terbaik. Dari 10 orang itu, lima orang merupakan Perwira Menengah sementara lima lainnya adalah Bintara. Dikatakan Budi, proses uji potensi meliputi kecerdasan sosial dan intelektual. Sementara pedekatan yang dilakukan berbasis pada lingkup kerja, sehingga dapat membangun polisi sipil, modern dan cerdas. Tujuan lain diadakannya kegiatan ini menurut Budi tak lain untuk menunjukan bahwa masih banyak petugas lalu lintas yang baik sehingga mampu mendukung kinerja polri sekaligus menghapus image buruk yang tercipta di masyarakat. “Masih ada petugas yang baik secara profesional maupun masalah kemasyarakatan. Uji potensi ini akan dilakukan secara netral dan tidak melakukan intervensi apapun,” tegas Budi. “Kita akan mengumumkan mereka yang lolos seleksi sehingga masyarakat mengetahui secara langsung. Jika masyarakat mengetahui adanya tindakan negatif yang dilakukan peserta uji potensi agar segera diberitahukan kepada kami, sehingga bisa dijadikan salah satu dasar penilaian,” lanjutnya.

Disinggung mengenai rewards yang akan diberikan kepada mereka yang berhasil menjadi terbaik, Budi mengatakan telah ada pembicaraan antara FEUI dengan pihak kepolisian sebagai bentuk kerjasama. “Kami akan merefrensikan mereka yang terbaik untuk dapat melanjutkan pendidikan di UI. Mereka juga bisa dijadikan sebagai duta lalu lintas,” seloroh Budi seraya mengatakan kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun. Sementara mengenai target selanjutnya setelah Polda Metro Jaya, Budi menjawab Jawa Barat merupakan pilihan diselenggerakannya kegiatan serupa. (Bachtiar)

Tidak ada komentar: