Minggu, 28 September 2008

H-2 Lebaran, Sepi Euy....

H-2 Situasi Terminal Mulai Menyepi

Jakarta – Situasi di sejumlah terminal di Jakarta memasuki hari H-2 Idul Fitri mulai terlihat lenggang. Tingkat puncak arus mudik terjadi sepanjang Sabtu dan Minggu kemarin.

Berdasarkan data yang diperoleh di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan darat di Terminal Kalideres sejak Minggu pukul 08.00 WIB hingga pukul 08.00 pagi ini berjumlah 13.334 penumpang. Sementara armada bus menuju Pulau Jawa dan Sumatra yang berangkat berjumlah 680 unit. “Tak ada kendala berarti. Hanya dua bus bantuan yang digunakan kemarin pada puncak arus mudik,” ujar Wahono, salah seorang petugas Teminal Antar Kota Antar Pulau (AKAP) Kalideres. Jakarta Barat yang dihubungi SH pagi ini. “Hari ini situasi penumpang di Terminal Kalideres telah meulai menyepi. Armada Bus yang disiapkan diyakini akan melebihi kapasitas calon penumpang,” lanjutnya.

Penurunan jumlah pemudik di H-2 lebaran juga disampaikan oleh Kepala Regu Terminal AKAP Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Parulian Tambunan. Menurutnya selama 24 jam terakhir hingga pukul 08.00 WIB, pemudik yang melalui jasa bus luar kota di Terminal Lebak Bulus mencapai 13.334. “Bus luar Kota yang keluar dari Terminal Labak Bulus berjumlah 680 unit. Puncak arus balik terjadi pada H-4 dengan total penumpang sebanyak 17.884 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berkisar di atas 15 ribu orang,” jelas Parulian. “Penumpang arus mudik pada tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan 10-15%,” tambahnya.

Selain terminal, situasi di jalan raya di H-2 juga terlihat menyepi.Berdasarkan pantauan CCTV di TMC Polda Metro Jaya, Senin (29/09), pagi, hampir seluruh ruas jalan protokol seperti Semanggi, Bundaran Senayan dan Blok M, Jalan MH Thamrin Kuningan, Pancoran hingga Cawang, Senen, Salemba dan Matraman terpantau lancar. (Bachtiar)

Tidak ada komentar: